Makna warna batik

Warna Coklat (Dragemsogan)
Warna ini adalah simbolis dari warna tanah lempung yang

subur, dapat membangkitkan rasa kerendahan hati, kesederhanaan dan “membumi”, selain kehangatan bagi pemakainya. Dalam pemakaiannya terutama warna coklat, sering kita temukan pada motif motif Kawung. Wahyu Tumurun, Semen dan Parang.

Warna Biru Tua (Wulung)
Pakaian dengan warna ini memberikan efek rasa ketenangan, kepercayaan, kelembutan pekerti, keikhlasan, dan rasa kesetiaan. Warna biru tua biasanya dapat kita temukan pada motif batik Modang. Di sekeliling motif ini dilukiskan bentuk-bentuk parang didasari dengan warna biru. Di dalamnya diberi isen-isen dengan motif ganggong ranthe, yaitu ornamen bentuk sejenis bunga.

Warna Putih
Warna putih melambangkan arah timur, muncul pada notif gagak. Yogyakarta dan menunjukkan kesan innocent (rasa tidak bersalah), kesucian, ketentraman hati dan keberanian serta sifat pemaaf pemakainya. Salah satu contoh penerapan warna dasar putih adalah pada motif Sidoasih. Motif ini dibuat untuk dikenakan pada saat prosesi pernikahan adat Yogya. Dari pilihan ini tersirat harapan agar kedua mempelai di kemudian hari akan selalu dilimpahi kasi saying dalam kehidupan berumah tangga.

Warna Hitam
Dari warna-warna yang terdapat dalam motif batik klasik juga terdapat warna yang kehitam-hitaman. seperti hitam. Warna gelap adalah warna yang sering kali dkontaminasi memberikan gambaran yang negative seperti kematian, ketidakbahagiaan. Tetapi sebenarnya hitam juga melambangkan kekuatan, Sesungguhnya warna hitam yang dimaksudkan adalah warna biru yang sangat tua sehingga tampak kemewahan, sensasualitas, misteri sekaligus keanggunan. Warna ini melambangkan arah utara.

 

Sumber: Buku BATIK karya ADI KUSRIANTO

==============================================

Kami menerima cetak batik desain sesuai pesanan & terima jahitan dalam jumlah besar/masal. info lebih lanjut bisa hubungi:
Telp/WA: 0877-8203-6325 (XL)
a.n Bpk. Deden

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *